-->
  • Jelajahi

    Copyright © Prapanca Trans

    Wisata Tahura Bunder Gunung Kidul

    Prapanca Transport
    , 15:40 WIB
    Diantara para pelanggan ada yang memanfaatkan transportasi sewa bus Jogja yang kami sediakan untuk tujuan wisata Taman Hutan Raya ( Tahura ) di Gunung Kidul.

    Wisata Tahura Bunder
    Wisata Tahura Bunder Gunung Kidul 


    Wisata ke hutan merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi liburan dan menyegarkan pikiran dengam nuansa alam yang terbentang luas.

    Selain terkenal akan kecantikan wisata pantai, Gunungkidul juga memiliki wisata hutan yang menarik untuk dikunjungi.

    Salah satunya adalah Taman Hutan Raya Gunungkidul atau di kenal dengan Tahura Bunder ini menawarkan tempat wisata petualangan di Gunungkidul, Yogyakarta.

    Taman Hutan Raya ( Tahura) Gunung kidul, terletak di kawasan konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul. Letak yang bersebelahan dengan kawasan dengan Rest Area Bunder yang sering di gunakan untuk camping mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta. Tahura letaknya di jalan menuju wonosari menjadikan sangat strategis dan cocok untuk di kunjungi bagi pengunjung yang suka berwisata alam.

    Dengan luas 634 hektar, kawasan Tahura di Bunder ini menjadi salah satu kawasan yang masih di gunakan untuk konservasi (penelitian) Peneliti yang berasal dari Yogyakarta maupun Luar Yogyakarta. Keragaman flora dan fauna yang terdapat di kawasan Tahura menjadi objek penelitian peneliti yang datang ke sini.

    Di kawasan Tahura ini terdapat sebuah sungai yang mengalir, yaitu sungai Oya mengalir di sepanjang hutan yang memberikan kesejukan dan kenyamanan saat berada di sini, aroma harum dari tumbuhan kayu putih, dan penangkaran Rusa juga menjadi pelengkap yang sangat menarik untuk menyambut pengunjung yang akan datang. Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Sendang Mole dan Pabrik penyulingan Kayu Putih yang berdiri sejak tahun 1980-an.

    Selain pengunjung yang sengaja mengunjungi untuk wisata Alam, tak sedikit Pengunjung yang memanfaatkan Tahura di Bunder untuk berburu foto prewedding. Dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi seakan tumbuh dengan seragam terdiri dari pohon pinus menjadikan moment menjadi lebih sempurna.

    Potensi wisata yang dimiliki hutan Bunder meliputi potensi pemandangan lanskap, potensi obyek wisata alam, aksesbilitas yang mudah dan lokasi strategi yang terletak di pertengahan jalan antara Yogyakarta – obyek wisata di pantai selatan Gunungkidul dan merupakan salah satu pintu masuk pengunjung ke Yogyakarta dari arah Wonogiri.

    Kawasan ini berdampingan dan didukung oleh potensi kawasan yang sudah terkenal, seperti Hutan Wanagama sebagai kawasan hutan yang digunakan sebagai pendidikan dan penelitian, Rest Area dan Desa Wisata. Disamping itu juga di dukung oleh adanya penangkaran konservasi rusa, unit persemaian bibit pepohonan dan pabrik penyulingan minyak kayu putih yang memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan menjadi obyek dan daya tarik wisata minat khusus.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini